Agustus 05, 2007

Risalah pergerakan 1

Category:Books
Genre: Religion & Spirituality
Author:Hasan al-Banna
CategBuku ini dibuka dengan beberapa komentar dari para tokoh pergerakan Islam tentang Hasan al-Banna, sang penulis buku ini. Buku ini berisi kumpulan risalah yang dibuat oleh Hasan al-Banna untuk memberikan penjelasan pada siapa saja yang membacanya perihal karakter Ikhwanul Muslimin dan kiprahnya. Siapa pun yang punya niat baik hendak memperoleh informasi yang komprehensif sudah semestinya membaca buku ini (sekaligus juga buku jilid berikutnya) sebelum memberikan penilaian.

Buku ini diawali dengan penjelasan tentang karakter dakwah Ikhwanul Muslimin dan dasar pemikiran yang membuatnya 'berbeda' dengan metode-metode dakwah yang lainnya. Meski jelas berbeda, namun salah satu fokus dakwahnya justru untuk menjembatani semua perbedaan itu, yaitu dengan meningkatkan kesadaran bahwa perbedaan dalam hal-hal tertentu adalah suatu keniscayaan, dan belajar untuk mengabaikan perbedaan-perbedaan yang tidak prinsipil. Selanjutnya, buku ini juga menjelaskan definisi 'ajaran Islam' yang dianut oleh Ikhwanul Muslimin, yaitu ajaran yang menjadi acuannya dalam dakwah.

Pada bab berikutnya, dilampirkan sebuah surat yang pernah disampaikan oleh Hasan al-Banna kepada pemimpin Mesir saat itu, yaitu Faruq. Bab ini menjelaskan betapa besar perhatian beliau terhadap masalah-masalah nasional Mesir dan pentingnya memiliki pemimpin yang berpegang pada Al-Qur'an dan As-Sunnah.

Setelah itu, kita juga mendapatkan sebuah bab khusus yang berisi seruan Hasan al-Banna kepada para pemuda, khususnya mahasiswa. Ini menunjukkan betapa banyak waktu dan tenaga yang telah beliau curahkan untuk memajukan umat melalui kaum pemuda dan mahasiswa. Memang, segala perubahan di tubuh umat Islam harus dipelopori oleh para pemuda. Demikianlah yang selalu terjadi, karena kaum pemuda memiliki tubuh yang kuat dan pikiran yang penuh dengan idealisme.

Selanjutnya, Hasan al-Banna menjelaskan beberapa 'modifikasi' yang harus dilakukan dalam dakwah sesuai tuntutan jaman. Tentu saja Islam itu sendiri tidak perlu (dan tidak boleh) diubah, hanya saja cara penyampaian dan urutan dakwah perlu dirumuskan demi mencapai tujuan tersebut. Dalam buku ini juga dilampirkan Risalah yang disampaikan oleh Hasan al-Banna pada Muktamar Ikhwanul Muslimin yang ke-5.

Secara keseluruhan, buku ini 'wajib' dibaca oleh semua orang yang telah 'membenamkan' hidupnya dalam dakwah, karena buku ini pun ditulis oleh salah seorang dai terbesar yang pernah hidup. Dalam usianya yang sangat singkat, organisasi yang didirikannya pernah membuat penjajah Yahudi di Palestina ketar-ketir. Karena itu, untuk mengambil pelajaran dari sepak terjang beliau (dan Ikhwanul Muslimin secara umumnya), serta untuk mendapatkan gambaran yang benar tentang Hasan al-Banna dan Ikhwanul Muslimin, maka buku ini menjadi sebuah referensi yang sangat esensial untuk dibaca.

Tidak ada komentar: